Tukang Kolam Sidoarjo No ratings yet.

Tukang Kolam Sidoarjo : Tips Desain Kolam Minimalis

Tukang kolam Sidoarjo melayani jasa pembuatan kolam mini di halaman rumah Anda. Untuk menampilkan oase pada tampilan eksterior rumah sendiri, bisa dilakukan dengan cara pembuatan pancuran sederhana pada dinding luar, dibuat air mancur, serta kolam minimalis.

Sebenarnya dalam pembuatan kolam hanya memerlukan sedikit komponen. Selain itu, penataannya juga dibuat lebih sederhana tanpa desain yang rumit. Jadi bisa dikatakan bahwa pembuatan kolam mungil, selain menghadirkan kesegaran alami dari elemen air, juga bisa menjadi solusi cermat untuk menghemat anggaran.

Tukang Kolam Sidoarjo

Tips Desain Kolam Minimalis

Untuk menghindari kegagalan desain, Anda harus memenuhi beberapa aturan dalam pembuatan kolam minimalis. Berikut ulasannya :

  1. Dinding Kolam

Sama seperti struktur pada dasar kolam, Anda juga harus memperhatikan desain dinding kolam agar lebih kuat dan mencegah kebocoran. Material dasarnya sendiri bisa memakai campuran bahan cor yang sesuai dengan lantai pada kolam minimalis. 

Anda bisa melapisi bahan dasar pada dinding minimalis menggunakan batu alam. Selain itu, bisa juga menerapkan variasi dengan menambahkan material pelapis atau motif berbeda dengan lantai maupun dinding kolam.

  • Lantai Kolam

Sebagai struktur bagian dasar kolam, Anda harus memilih lantai yang tahan bocor dan kokoh. Pakai pondasi setapak dengan Teknik pengecoran. Dalam pembuatan lantainya sendiri, Anda bisa mencampur beberapa material diantaranya kerikil, pasir, dan semen dengan perbandingan 3 : 2 : 1.

Kedalaman minimal untuk kolam adalah sekitar 1 meter. Apabila kolam minimalis tersebut terlalu dangkal, dengan permukaan yang lebih mudah terpapar sinar matahari, karenanya rentan ditumbuhi oleh lumut.

Hal tersebut bisa membahayakan bagi organisme ikan hias yang hidup di dalam kolam. Di samping itu, temperature air kolam juga ikut naik, sehingga menghilangkan fungsi untuk menciptakan cuaca dingin di sekitar kolam. 

  • Pengairan Pada Kolam Minimalis

Pengairan pada kolam biasanya terdiri dari filter dan pompa air. Tugas pompa air ialah untuk menyuplai air menuju kolam. Dengan teknologi nozzle di dalam pompa bisa memberikan berbagai efek pancuran, sekaligus bisa menyesuaikan efek suara gemericik dari kolam pancuran itu sendiri. 

Sementara filter berguna untuk mempertahankan kejernihan pada air kolam terhadap sisa pakan dan senyawa dekomposisi. Filter ini telah dilengkapi oleh 3 chamber berbentuk brush yang berguna seperti kapas, zeolite untuk penghilang zat, dan  biobal untuk menyaring kotoran.

Dengan terjaganya kualitas air di dalam kolam, membuat kolam lebih aman untuk ikan dan lebih gampang dibersihkan. Kapasitas filter sendiri harus menyesuaikan volume air pada kolam minimalis.

  • Tambahan Aksesoris

Anda bisa menempatkan tanaman hias di area sekitar kolam, dengan memilih tanaman yang tidak rimbun untuk tetap menampilkan kesan minimalis. Berbagai macam tanaman perdu, rumput, alang-alang sangat cocok sebagai penghias sisi pada kolam minimalis.

Untuk dapat menikmati keindahan pada kolam minimalis, setengah bagian atasnya dapat Anda berikan penutup yang terbuat dari dek kayu. Selain itu, tambahkan pula efek pencahayaan yang atraktif dengan lampu taman di sekitar kolam.

Itulah beberapa tips yang harus Anda perhatikan saat membuat kolam minimalis untuk menghiasi eksterior rumah Anda. Manfaatkan jasa tukang kolam Sidoarjo untuk kebutuhan pembuatan kolam di halaman rumah.

Namun sebelumnya, Anda bisa membuat sketsa desainnya terlebih dulu untuk diserahkan pada tukang kolam Sidoarjo agar dibuatkan kolam sesuai kebutuhan dan desain yang Anda inginkan. Cari referensi lengkapnya di internet!

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *